News

Williams Syndrome, Kelainan Genetik Langka yang Menyerang Anak Dede Sunandar

Kelainan ini cukup langka, lho

Jakarta – Putra kedua dari komedian Dede Sunandar, Ladzan Syafiq, dikabarkan mengidap sebuah penyakit genetik langka bernama Williams Syndrome.

Karena termasuk kondisi langka, banyak orang yang tidak mengetahui apa itu Williams Syndrome. Berikut ini informasi yang Jitaksara rangkum untuk kamu!

Mengenal Williams Syndrome

Mengenal Williams Syndrome

Williams syndrome yang diderita anak Dede Sunandar adalah kelainan genetik langka yang menyebabkan berbagai masalah dalam perkembangan tubuh dan masalah belajar.

Dilansir dari WebMD.com, pengidap kondisi ini biasanya memiliki masalah dengan jantung, ginjal, pembuluh darah, dan organ dalam lainnya.

Selain masalah dengan organ tubuh, penderita sindrom ini juga memiliki keunikan pada beberapa fitur wajah , seperti hidung, mulut, dan mata.

Penyebab Williams Syndrome

Bayi dengan Williams Syndrome terlahir tanpa memiliki gen tertentu yang nantinya akan memengaruhi masalah dalam tubuh mereka.

Beberapa kasus ditemukan bahwa kondisi ini didapat dari keturunan alias genetik dari orang tua. Namun, secara umum, kondisi ini adalah kelainan acak pada gen yang terjadi akibat hilangnya gen pada sperma atau sel telur sebelum terjadi pembuahan.

Gejala Williams Syndrome

Gejala Williams Syndrome

Secara fisik, penderita Williams Syndrome dapat diketahui dari fitur wajah dan ukuran badan mereka.

Beberapa keunikan fitur wajah yang terjadi biasanya meliputi dahi lebar, hidung rata, mulut lebar, bibir tebal, dan gigi yang tidak rata.

Selain itu, penderita sindrom ini juga bisa diketahui dari ukuran badan yang lebih kecil dan lebih pendek dari kebanyakan orang.

Kepribadian Williams Syndrome

Secara umum penderita sindrom ini adalah orang-orang yang sangat ramah. Namun, di sisi lain mereka memiliki tingkat kecemasan yang sangat tinggi.

Dalam perkembangannya, anak dengan sindrom ini akan mengalami keterlambatan bicara, berjalan, hingga belajar. Bahkan, dalam beberapa kasus anak mungkin akan mengalami attention-deficit hyperactivity disorder atau ADHD.

Terapi yang Bisa Dilakukan untuk Penderita

Terapi yang Bisa Dilakukan untuk Penderita

Beberapa terapi atau perawatan bisa dilakukan untuk penderita sindrom ini, antara lain:

  1. Pemberian obat penurun tekanan darah
  2. Terapi fisik
  3. Melakukan terapi bicara
  4. Mengubah pola makan dengan mengurangi makan tinggi kalsium untuk menurunkan kadar kalsium tinggi dalam darah
  5. Pembedahan untuk mengatasi masalah jantung dan pembuluh darah yang terjadi

Williams syndrome memang tidak dapat disembuhkan, namun dengan terapi dan perawatan yang tepat akan membantu mengatasi masalah perkembangan, gejala, dan masalah belajar yang mungkin terjadi.

Click to comment

Most Popular

To Top